Tips Sukses Membuat Kue Lebaran

download (2)

Sebentar lagi lebaran akan tiba, sajian kue lebaran pasti akan menjadi kudapan dan camilan yang akan membuat suasana semakin hangat dan menyenangkan bersama dengan seluruh anggota keluarga Anda. Bahkan hampir bisa kita pastikan kalau lebaran tiba pasti akan selalu ada kue kering dalam aneka macam rasa dan nama. Nah, biasanya menjelang moment ramadhan datang, hampir semua pusat perbelanjaan sudah menjual kue kering ini. Harganya pun bermacam-macam dan untuk yang rasanya enak biasanya sudah dijual dengan harga yang tidak murah. Namun ternyata, harga mahal juga tidak selalu berarti kalau kualitas kue tersebut sudah pasti enak.

Daripada kita gambling dan was-was dengan rasa kue lebaran yang akan kita sajikan untuk para tamu dan saudara saat Idul Fitri nanti, bagaimana kalau kita belajar membuat sendiri aneka macam kue kering untuk hari kemenangan tersebut? Siapa tahu ternyata Anda memiliki bakat terpendam dalam dunia masak memasak yang selama ini masih tersembunyi. Berikut ada beberapa tips untuk Anda agar bisa sukses dalam membuat kue kering untuk lebaran nanti.

  • Terlihat sepele namun perlengkapan dan alat sampai dengan bahan pembuatan kue kering lebaran ternyata adalah cukup penting. Jangan sampai ada yang terlewatkan sekecil apapun sesuai dengan resep yang nantinya akan Anda ikuti untuk hasil terbaik. Jangan lupa Anda harus menimbang semua bahan seperti tepung terigu, gula, susu dan lainnya sehingga takaran yang pas yang akan Anda dapatkan bukan berdasarkan kira-kira saja. Kesalahan komposisi bahan utama akan membuat hasil kue bisa tidak berhasil seperti bantat, keras atau malah terlalu lembek.
  • Gunakan loyang yang memang khusus untuk kue kering sehingga akan mendukung hasil masakan Anda.
  • Bukan rahasia lagi jika rasa yang enak dan lezat hanya bisa di dapatkan saat Anda membuat kue dengan menggunakan bahan terbaik seperti gula berkualitas, butter terbaik, terigu yang khusus kue kering, telur yang sehat, dll. Bisa coba Anda bandingkan kue dengan bahan terbaik dan hanya asal bahan kue pasti hasilnya akan tampak berbeda sekali.
  • Gunakan terigu rendah protein untuk hasil aneka kue lebaran yang lebih renyah dan rendah gluten sehingga lebih aman untuk mereka yang sedang diet.
  • Agar kue lebaran Anda juga lebih lembut maka bahan kering harus Anda campurkan dan ayak terlebih dahulu sehingga tidak ada gumpalan yang akan membuat kue menjadi keras nantinya. Pastikan juga Anda memanggang kue lebaran dengan suhu oven yang pas dan sesuai dengan lama waktu yang tertera pada resep sehingga tidak gosong atau terlalu keras.

Nah, semoga proses memasak kue lebaran yang akan Anda sajikan nantinya berjalan lancar sesuai dengan apa yang Anda harapkan.

 

Tinggalkan komentar