Lima Sambal Ternak di Indonesia

jual sambal

Lima Sambal Ternak di Indonesia

Sambal terenak bukan hanya disukai karena rasa pedasnya, melainkan apakah ada rasa lain yang bisa didapatkan ketika orang mencicipi sambal tertentu. Pada intinya ada banyak orang yang menyukai rasa pedas, namun ada lebih banyak orang yang menyukai rasa pedas bercampur dengan aksen lain seperti asin, manis, dan gurih. Rasa pedas yang bercampur dengan rasa lain menambah kaya rasa dan rasanya orang akan cendeurng mencari sambal dengan karakteristik semacam itu.

Indonesia sendiri merupakan negara dengan ladang sambal terbaik, yang menghasilkan banyak sambal terenak yang sudah bertahan selama puluhan generasi. Bagi kebanyakan orang Indonesia, hidangan di meja makan tidak akan lengkap tanpa kehadiran sambal. Oleh karenanya orang Indonesia tampak tidak bisa lepas dari berbagai macam sambal. Sebuah warung makan yang menyediakan banyak sambal pun sangat ramai pengunjung yang antusias terhadap sambal.

Lalu, apa saja sambal terenak di Indonesia yang harus dicicipi? Berikut daftar yang perlu Anda ketahui:

  • Sambal dabu-dabu

Beberapa tempat jual sambal online menjual banyak sambal, salah satunya adalah sambal dabu-dabu khas Manado. Namun dibandingkan membeli sambal dabu-dabu botolan, alangkah lebih baik mencicipinya langsung. Sambal yang terbuat dari cabai merah, garam, jeruk nipis, tomat, cabai hijau, kemangi, dan bawang merah ini menyodorkan sensasi pedas yang segar. Cocok untuk teman gorengan atau ikan bakar.

  • Sambal mangga

Sambal ini menawarkan sensai pedas, gurih, dan asam, yang bikin lidah gampang bergoyang. Itu semua dicapai karena campuran mangga di dalam sambalnya.

  • Sambal bajak

Ini merupakan produk sambal khas Jawa Tengah, yang sekilas pandang sangat mirip sambal terasi namun hadir dengan rasa yang lebih kaya. Efek ketagihan merupakan sesuatu yang ditawarkan oleh sambal jenis ini.

  • Sambal tumpang

Ini merupakan jenis sambal terenak khas kota Kediri, yang dibuat dari cabai, bumbu dapur, garam, bawang, dan tempe bosok (busuk). Siramkan nasi di atas sambal tumpang, dan Anda akan merasakan sensasi pedas yang segar layaknya sambal pecel.

  • Sambal terasi

Siapa gerangan yang tidak tahu sambal jenis ini. Ini adalah jenis sambal yang paling banyak digemari oleh orang-orang Indonesia. Makan siang terasa tak lengkap tanpa sambal terasi; begitulah orang Indonesia menyebutnya.

Sekarang ini ada banyak produk sambal botolan yang bisa diperoleh dengan mudah di berbagai tempat, dan terkadang harga sambal murah botolan selalu lebih menggiurkan. Namun sekali lagi, sensasi sambal yang dibuat dengan tangan tentu lebih mengena di lidah dan hati, dibandingkan dengan yang dikemas dalam botol dan dibuat dengan mesin. Dengan kata lain, sambal terenak adalah sambal yang dibuat dengan tangan dan dengan bumbu yang disusun sedemikian rupa sampai presisi rasa tercipta.

Tinggalkan komentar